Berita

Berita BPI LIPI

LIPI Gandeng Pemerintah Daerah dan Perguruan Tinggi untuk Pemasyarakatan Hasil Riset


pic

Bogor – Humas LIPI). Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memandang penting peran pemerintah daerah dan perguruan tinggi sebagai mitra strategis dalam pemasyarakatan hasil riset. “Sinergi dengan pemerintah daerah dan perguruan tinggi berperan penting, apalagi saat ini akan dibangun Taman Sains dan Teknologi di beberapa daerah di Indonesia,” jelas Sekretaris Utama LIPI, Dr. Siti Nuramaliati Prijono dalam Workshop “Implementasi Kerja Sama antara LIPI dengan Pemerintah Daerah dan Perguruan Tinggi di Indonesia” yang diselenggarakan di Bogor pada Selasa-Kamis (24-25/11) lalu.

Acara yang dihadiri 60 perwakilan pemerintah daerah dan perguruan tinggi yang menjadi mitra kerjasama LIPI ini diselenggarakan untuk mengevaluasi kerja sama LIPI dengan mitra serta untuk menjaring mitra baru potensial.

Pemerintah Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh LIPI. “Hasil-hasil riset LIPI telah mendorong kemajuan dan berimbas pada peningkatan perekoniman daerah, mulai dari teknologi pembangkit listrik micro-hydro, inseminasi buatan sapi, dan pengembangan kebun raya daerah,” ujar Bupati Kabupaten Enrekang, Muslimin Bando, M.Pd.

Acara ini ditutup oleh Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI, Prof. Bambang Subiyanto. “Kegiatan ini bisa menjembatani komunikasi LIPI dengan mitra kerja samanya,” terang Bambang. Dirinya mengharapkan daerah untuk mengidentifikasi kebutuhannya untuk disinergikan dengan penelitian di LIPI. “LIPI akan terus bersinergi dengan daerah dan perguruan tinggi, khusunya daerah yang benar-benar berkomitmen dengan LIPI”, tambahnya.

sumber lipi.go.id

 

Dalam kegiatan tersebut UPT BPI mengutus Bapak Ipin Aripin S.T untuk mempresentasikan kegiatan penelitian yang telah dilakukan hingga saat ini.