Berita

Berita BPI LIPI

LIPI Selenggarakan Pelatihan Teknik Pengukuran dan Kalibrasi


pic

Humas, LIPI. Dua peneliti Balai Pengembangan Instrumentasi LIPI Novan Agung Mahardiono, M.T dan Hilman Syaeful Alam, M.T. berkesempatan membagikan pengalaman dan ilmunya kepada para peserta Pelatihan Teknik Pengukuran dan Kalibrasi Besaran Suhu Enclosure, Rabu-Kamis (9-11/6/2021), di ruang rapat PPII Gedung 80, Kawasan Multisatker LIPI Bandung. Pelatihan yang diselenggarakan oleh Pusat Pembinaan, Pendidikan, dan Pelatihan (Pusbindiklat) LIPI ini diikuti 5 peserta yang berasal dari Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Koordinator Pelaksana Fungsi Penyelenggaraan Pelatihan Pusbindiklat LIPI, Sutrisno Heru Sukoco, M.Kom dalam sambutannya mendorong para peserta untuk aktif dan bersungguh-sungguh mengikut jalannya pelatihan. Terlebih, pelatihan ini terselenggarakan atas kebutuhan kompetensi dari laboratorium-laboratorium kalibrasi akan personil yang cakap dan berkompeten di bidang teknik pengukuran dan kalibrasi. Selepas pelatihan, ia berharap para peserta mampu mengimplementasikan ilmu berupa teknik pengukuran dan kalibrasi suhu enclosure di institusi asalnya. “Mulai dari persiapan hingga pelaporannya,” tutur Sutrisno.

Sutrisno juga meminta maaf jikalau selama pelatihan terasa kurang nyaman. Terutama pada aspek infrastruktur pelatihan yang masih belum sesuai karena pembangunan gedung baru di LIPI tengah berlangsung. Masifnya pembangunan infrastruktur di Kawasan Multisatker LIPI Bandung berdampak pada lokasi pelatihan yang bergeser dari gedung 30 ke gedung 80. “Saat ini sedang tahap pembongkaran dan penghancuran karena semula ruang pelatihan dan lab kalibrasi ada di gedung 30,” terangnya.

Adapun pelatihan yang berlangsung selama 3 hari ini menyodorkan 2 agenda. Agenda pertama penyampaian teori dan konsep serta materi-materi mengenai teknik pengukuran dan kalibrasi besaran suhu enclosure. Agenda kedua merupakan praktik yang dipandu langsung oleh para narasumber peneliti yang berasal dari BPI LIPI. Kegiatan pelatihan ini dikelola oleh Tim Pusbindiklat Kawasan Multisatker LIPI Bandung. Nadia Fitri Wijayanti, salah satu peserta pelatihan mengaku senang mendapati materi yang diajarkan sangat sesuai dengan kebutuhannya. “Fasilitator sudah sangat baik dan materinya mengena sekali,” ungkapnya.

Peneliti BPI LIPI secara berkesinambungan menjadi narasumber pada berbagai pelatihan pengukuran dan kalibrasi yang Pusbindiklat LIPI helat. Tercatat Juli hingga September mendatang ada beberapa agenda pelatihan serupa yang akan diselenggarakan. Bagi anda yang tertarik bisa langsung menghubungi Pusbindiklat LIPI melalui kontak ini. AS