Berita

Berita BPI LIPI

Mengenal Mekatronika Cerdas BRIN


pic

Bandung – Humas BRIN. Mekatronika. Istilah yang mungkin terdengar asing bagi banyak orang. Namun sesungguhnya bekerja dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Mekatronika bekerja dalam banyak aspek dalam kehidupan modern yang kita jalani saat ini. Menurut Plt. Kepala Pusat Riset Mekatronika Cerdas BRIN Yanuandri Putrasari, mekatronik adalah salah satu cabang keilmuan Teknik yang terdiri dari lintasdisiplin seperti mekanika, elektronika, komputer, dan robotika untuk menghubungkan berbagai tahapan desain dan proses produksi yang berbeda menjadi satu sistem yang ringkas. “Motor misalnya secara mekanik engine tapi perlu accu untuk nyemprot bahan bakarnya itu adalah elektronik,” terangnya, Rabu (4/6).

Yanu menambahkan, mekatronika memungkinkan peralatan canggih yang mendukung kehidupan modern kita berlangsung setiap saat. Karena itulah, Pusat Riset (PR) Mekatronika Cerdas BRIN hadir untuk mendorong sekaligus menguasai perkembangan terkini riset di bidang mekatronika. Menurut Yanu, tren saat ini dalam bidang mekatronika ialah pemanfaatan Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligence (AI). Keduanya berkembang pesat seiring dengan kemunculan era Industri 4.0 “Enggak hanya mekanik bisa pakai kecerdasan buatan,” katanya.

Metaktronika beririsan dengan beragam cabang keilmuan lain. Bidang-bidang lain seperti telekomunikasi, elektronika, hingga data sains merupakan sinergi penting dalam perkembangan mekatronika. BRIN sendiri di bawah struktur Organisasi Riset Elektronika dan Informatika mewadahi progres riset mekatronika dan bidang-bidang irisan lainnya dalam bentuk pusat – pusat riset diantaranya, PR Telekomunikasi, PR Elektronika, PR Sains Data dan Informasi, PR Kecerdasan Artificial & Keamanan Siber, serta PR Mekatronika Cerdas.

Pada Tahun 2022 ini, Yanu sudah membentuk 4 kelompok penelitian (Kelti) dalam PR Mekatronika Cerdas. Kelti Riset Autonomous, Kelti Riset Biomekatronik, Kelti Riset Instrumentasi Cerdas, dan Kelti Riset Sistem Dinamik Cerdas. Keempat kelti tersebut disusun untuk mewadahi para peneliti yang sebelumnya berasal PR Telimek dan Balai Pengembangan Instrumentasi. Kedua satuan kerja yang sebelumnya dilebur menjadi PR Mekatronika Cerdas. “Ini baru bentukan saya artinya saya buat dulu nanti kalau ada ide lain silahkan,” jelasnya.

Pada Tahun 2022 salah satu target PR Mekatronika Cerdas adalah melahirkan purwarupa kendaraan listrik yang bisa dioperasikan dari jarak jauh (Teleoperated). Hal ini tidak lepas dari konsentrasi utama rumah program kendaraan listrik yang ada di BRIN. Salah satu kolaborasi riset yang cukup menyita perhatian kemarin adalah MEVi-TDS, purwarupa kendaraan listrik tanpa pengemudi. “Dengan tidak mengesampingkan target-target lain,” ungkapnya.

PR Mekatronika Cerdas sendiri memiliki aneka purwarupa penelitian yang sudah berjalan diantaranya, Universal Platform Autonomous Vehicle (UniPAV), Intelligent Footwear System for Gait, COD online monitoring system, smart farming, sistem turret, dan lain sebagainya. “Ada riset footwear yang terkoneksi untuk mendeteksi Kesehatan sampai alat bantu berupa body personal assist suit untuk memanen buah kelapa sawit supaya orang tidak capek,” tuturnya.

Yanu berharap kehadiran PR Mektronika Cerdas bisa menyatukan para peneliti dari berbagai latar belakang untuk berkarya dalam payung BRIN. Ia juga yakin target teknologi kendaraan listrik bisa tercapai sesuai dengan tujuan rumah program. “Serta bisa menjalankan tugas sesuai amanat,” pungkasnya. (AS. Ed kg)