Berita

Berita BPI LIPI

Rapat Kerja Balai Pengembangan Instrumentasi Kedeputian Bidang Jasa Ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Tahun 2016


pic

Rapat Kerja Balai Pengembangan Instumentasi, Kedeputian Bidang Jasa Ilmiah, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Tahun 2016 (RakerBPI LIPI 2016) dengan tema “Menuju Etos Kerja Profesional dan Tata Kelola Efektif untuk Peningkatan Kinerja serta Pembangunan Zona Integritas”¬†diselenggarakan pada tanggal 17-18 Mei 2016 di Kampung Sampireun, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Raker BPI LIPI 2016 dihadiri oleh 69 orang yang terdiri atas Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI, Kepala BPI LIPI, Tim Perencanaan, Monitoring dan Evaluasi (PME) BPI LIPI; para pejabat struktural,fungsional dan seluruh pegawai di satuan kerja BPI LIPI; beserta tamu undangan/narasumber di bidang instrumentasi.

[unitegallery rakerbpi2016]

Raker BPI LIPI 2016 diawali dengan kegiatan capacity building di sekitar lokasi rapat kerja, yang dimaksudkan untuk mengembangkan kapasitas individu, organisasi maupun sistem agar dipergunakan secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan organisasi yaitu tata kepemerintahan yang baik (good governance). Kemudian acara Raker BPI dimulai dengan penyampaian Sambutan dan Laporan Penyelenggaraan oleh Kepala Balai Pengembangan Instrumentasi LIPI yang dilanjutkan dengan pengarahan dan pembukaan oleh Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI.

Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan Penanda-tanganan Penetapan Kinerja antara Kepala UPT dan Ka.Sub.Bag/Ka.Seksi, Penanda-tanganan Pakta Integritas, Penetapan Agen Perubahan Zona Integritas, Launching Indeks Kepuasan Masyarakat Online UPT BPI dan Launching Sistem Informasi Manajemen Data Terpadu Hasil Penelitian(SiMaduHaTi) serta Pencanangan Pembangunan Zona Integritas dilingkungan UPT BPI.

Sebagai bagian dari pencapaian tujuan Raker BPI LIPI 2016, acara dilanjutkan dengan paparan dari dua orang narasumber mengenai Isu-isu Strategis Instrumentasi untuk Masa Depan, yaitu Kepala Pusat Metrologi LIPI Dr. Mego Pinandito, M.Eng dan Peneliti Utama sekaligus mantan Kepala BPI terdahulu, Ir. Adi Santoso, MSc. Selanjutnya, memasuki acara puncak Raker BPI LIPI 2016 dilaksanakan sidang pleno yang berisi paparan Ketua Komisi 1 (Kunkun K. Kurniawan, M.Si),Ketua Komisi 2 (Dr.Arjon Turnip), dan Ketua Komisi 3 (IpinAripin, ST.). Rumusan hasil Raker BPI LIPI 2016 disampaikan oleh Ketua PME BPI LIPI (Hilman Syaeful Alam, MT.) dan dilanjutkan dengan diskusi yang dipimpin oleh Kepala BPI LIPI (Ir. Demi Soetraprawata, MT).