Berita

Berita BPI LIPI

Sosialisasi dan BIMTEK Pembangunan Zona Integritas (ZI) di lingkungan UPT BPI


pic

Pada tanggal 10 maret 2016 bertempat di ruang serbaguna UPT Balai Pengembangan Insrumentasi diadakan acara “Sosialisasi dan BIMTEK Pembangunan Zona Integritas di lingkungan UPT BPI” yang dihadiri oleh para sivitas UPT BPI, dengan narasumber Ade Khaerudin Taufik selaku ketua tim ZI dan Motivator Reformasi Birokrasi bapak M.Tomtom Makmur. Acara dibuka oleh Ketua ZI Bapak Ipin Aripin, S.T dan dilanjutkan sambutan oleh Kepala UPT BPI Bapak Demi Soetraprawata, M.T.

Pada kesempatan tersebut Bapak Ade menjelaskan, Tim ZI hanya kemasannya saja sehingga mengemas kegiatan kita dalam format RB atau ZI. Berdasakan Peraturan Menteri Pendayagunaan  Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 54 Tahun 2014, disebutkan untuk mempercepat pencapaian sasaran RB, maka perlu dibentuk pilot project dari unit kerja yang ditunjuk oleh Kementerian/Lembaga.  Model pilot project sebagai percontohan penerapan pada unit-unit kerja lainnya. Untuk itu, sebagai bukti dilaksanakan program reformasi birokrasi pada unit kerja melalui  pembangunan Zona Integritas. Pembangunan Zona Integritas difokuskan pada enam area perubahan, yaitiu Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Manajemen SDM, Penguatan Pengawasan, Penguatan Akuntabilitas Kinerja, dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik yang bersifat konkrit. Program perubahan ini diperlukan kehadiran agen perubahan sebagai penggerak yaitu para pejabat struktural/ koordinator penelitian, dan orang-orang terpilih.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan penyampaian materi dan Bimbingan Teknis oleh  M.Tomtom Makmur tentang bagaimana menyusun dokumen ZI yang langsung diterapkan, dan mampu melakukan perencanaan, penerapan, pelaksanan,monitoring, evaluasi, dan seterusnya. Kemudian mengetahui landasan hukum ZI, kewajiban yang ada pada regulasi dalam RB dan ZI. Tomtom mengatakan, dalam membangun ZI layaknya membuat kerangka berpikir dalam bentuk puzzle. Perlu ada penyesuaian, mengidentifikasi dengan bidang kerja masing-masing satuan kerja.(irf)

Dokumentasi :

[unitegallery sosialisasizi]