Berita

Berita BPI LIPI

Teknik Pengukuran dan Kalibrasi merupakan Dasar Perlindungan Konsumen


pic

Makassar, Humas LIPI. Isu perlindungan konsumen di Indonesia semakin mengemuka. Hasil pemetaan Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK) tahun 2016 yang dirilis Kementerian Perdagangan menunjukkan angka 30,86 dari nilai maksimal 100 yang berarti konsumen Indonesia cenderung tidak mengajukan pengaduan ketika merasa dirugikan. “Perlindungan konsumen adalah kewajiban yang tidak bisa ditawar. Pengukuran dan kalibrasi alat produksi menjadi dasar peningkatan perlindungan konsumen,” ujar Plt. Deputi Bidang Jasa Ilmiah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Mego Pinandito dalam kegiatan Sosialisasi Metrologi dan Workshop Kalibrasi Pusat Penelitian Metrologi LIPI di Makassar pada Selasa (8/8) lalu. Sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, kewenangan uji pengukuran dan kalibrasi saat ini dilimpahkan ke pemerintah kabupaten dan kota sebagai upaya peningkatan potensi daerah. “Pemerintah kabupaten dan kota jangan sepelekan uji pengukuran dan kalibrasi karena ini untuk melindungi produsen dan konsumen,” ujar Kepala Balai Standardisasi Metrologi Legal Regional IV Gowa Kementerian Perdagangan, Sri Rahayu. Menurut Sri, pihaknya melayani tera dan tera ulang dan verifikasi standar satuan ukuran metrologi legal untuk kawasan Indonesia tengah dan timur. “Metrologi legal bertujuan melindungi masyarakat dalam perdagangan, kesehatan, keselamatan dan lingkungan hidup agar barang dan jasa yang dibeli sesuai dengan takaran,” jelasnya.

Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI

Calender Event

« November 2017 »

Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
   
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30

Facebook